Perkembangan Konsumen Digital di Indonesia

Perkembangan teknologi yang pesat, termasuk akses internet dengan kecepatan tinggi dan WiFi, serta meningkatnya kepemilikan perangkat mobile seperti smartphone dan tablet telah merevolusi penggunaan media digital di Indonesia. Laporan perdana mengenai konsumen digital di Asia Tenggara, (Nielsen SEA Digital Consumer Report), yang meneliti mengenai kebiasaan dan sikap terhadap media digital di Asia Tenggara, mengungkapkan bahwa konsumen digital di Indonesia menghabiskan rata-rata 14 jam per minggu untuk online, dan mengalami kenaikan pada pemilik teknologi perangkat mobile internet.

Nielsen juga mengungkapkan bahwa telah terjadi peningkatan jumlah konsumen online yang menggunakan perangkat mobile di Indonesia. Hampir tiga dari empat konsumen digital di Indonesia telah menggunakan ponsel mereka untuk mengakses internet (73%) dan 78 persen konsumen digital saat ini memiliki perangkat mobile yang dapat mengakses internet. Smartphone diharapkan dapat lebih berdampak pada perilaku konsumen digital di Indonesia. Dua pertiga dari keseluruhan konsumen digital di Indonesia (67%) diharapkan memiliki smartphone pada pertengahan 2012.

Peningkatan ini banyak didorong oleh ketersediaan perangkat internet yang lebih baik sehingga penggunaan media digital di Indonesia meningkat dan membawa perubahan yang signifikan terhadap cara konsumen menggunakan media, terutama untuk menambah multi-tasking terhadap konsumsi media. Konsumen semakin banyak yang mengakses beberapa media secara bersamaan, misalnya mengakses internet sambil menonton televise. Dan hal ini dilakukan beberapa kali seminggu oleh konsumen Indonesia.

Perkembangan sosial media juga menjadi perhatian, namun facebook masih menjadi favorit bagi konsumen Indonesia. Laporan Nielsen memperlihatkan facebook masih dominan di seluruh Asia Tenggara. Dengan 90 persen dari konsumen digital di Indonesia memiliki profil aktif di facebook, ini merupakan yang tertinggi di wilayah ini dan kedua secara global setelah Amerika Serikat. You tube juga cukup populer di Asia Tenggara, menempati posisi kedua atau ketiga di negara-negara Asia Tenggara. Indonesia sendiri 23 persen konsumennya memiliki profil aktif di you tube disusul twitter 19 persen.

Situs jejaring sosial menjadi popular di Indonesia karena sifat dasar konsumen Indonesia yang menyukai bersilaturrahmi dan berhubungan. Kebersamaan karena media ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk berinteraksi dengan teman, bahkan dengan sebuah organisasi. Yang dimaksud dengan organisasi juga bisa merupakan produk, merek ataupun perusahaan. Nielsen mencatat 20 persen dari konsumen digital ini telah terhubung dengan organisasi bisnis ini melalui media sosial dalam satu tahun terakhir. Dan lebih dari setengah konsumen digital Indonesia (52%) membaca pendapat orang lain tentang merek dan produk secara online dan 22 persen telah mengirimkan komentar atau ulasan mengenai produk.

Platform sosial media ini menawarkan banyak kesempatan bagi organisasi untuk dapat berinteraksi lansung dengan konsumen, dan sosial media menjadi alat yang penting untuk mempengaruhi keputusan konsumen. Dengan konsumen digital Indoensia semakin mengenal dan nyaman dalam menggunakan sosial media,maka  tingkat partisipasi pun meningkat. Terdapat proporsi yang signifikan dari konsumen yang mengunjungi forum diskusi online per bulan dan banyak konsumen mulai memiliki peranan aktif dalam diskusi online ini dengan mengunakan pendapat dan berbagi pengalaman mereka mengenai suatu brand, produk maupun suatu layanan.

Dengan makin tingginya partisipasi online dari konsumen, maka brand seharusnya memiliki ‘keberadaan’ di dunia maya ini dengan senantiasa memperhatikan perbincangan konsumen terhadap brand mereka, dan tentunya mempelajari apa yang penting bagi konsumen. Dengan memperhatikan ini, maka brand dapat menciptakan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: