Mengepak dengan Cermat

Kecenderungan sebagian besar orang mngepak barang yang akan dibawa bepergian semalam sebelum berangkat atau bahkan beberapa jam sebelum pergi ke Bandara/stasiun. Akibatnya barang-barang tidak disusun dengan baik, dan tidak jarang ada barang penting yang justru lupa dibawa. Padahal jika dikepak dengan cermat, kita bisa terhindar dari kemungkinan pusing selama perjalanan. Belum lagi dalam perjalanan udara, kelebihan beban bisa dikenakan biaya tambahan.

Untuk itu ada beberapa tips yang bisa dicoba dalam mengepak atau mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa bepergian

Memilih Koper

Sebaiknya pilihlah koper yang ringan, tetapi kuat dan tahan banting. Pilih koper yang ukurannya sesuai dengan periode waktu travelling. Tidak perlu membawa koper berukuran besar kalau hanya akan melakukan perjalanan akhir pecan. Kalaupun hanya memiliki satu jenis koper, kalau dipersiapkan jauh-jauh hari tentu bisa mencari pinjaman koper yang ukurannya lebih sesuai. Demi kenyamanan juga usahakan pilih koper yang dilengkapi dengan roda sehingga mudah didorong atau ditarik. Kita tidak akan jadi repot saat menuju counter check-in di bandara ataupun saat sudah sampai tujuan dan harus membawa koper itu berputar-putar sebelum sampai di hotel/ tempat menginap.

Buat Daftar

Sebelum mengepak, buatlah daftar dari barang-barang yang diperlukan di kota tujuan. Pikirkan baik-baik saat kita membuat daftar tersebut. Misalnya, saat melakukan perjalanan wisata ke pantai, maka lupakan pakaian-pakaian tebal. Cukup bawa pakaian berbahan tipis dan satu jaket ringan yang bisa dipakai saat malam hari. Sedikit investigasi tentang cuaca di tempat tujuan akan sangat membantu dalam pemilihan barang-barang yang akan dibutuhkan nantinya. Untuk gadget dan charger-nya, jika memiliki charger yang bisa dipakai untuk beberapa gadget sekaligus, lebih baik manfaatkan.

Sortir Keperluan Sehari-hari

Perlukah membawa satu botol shampoo ukuran besar dalam koper? Bukankah biasanya di hotel sudah disediakan shampoo dan beberapa keperluan kamar mandi lainnya? Apalagi kalau hanya sekedar pulang mudik. Akan ada ruang ekstra di koper jika tidak membawa sabun, shampoo, pasta gigi, handuk kecil dan lainnya. Kalaupun takut tidak cocok dengan jenis yang disediakan penginapan, bawalah yang ukurannya lebih kecil. Misalnya shampoo sachet-an akan lebih mudah dibawa dari pada botol ukuran besar. Dan jika masih banyak ruang kosong di dalam koper, akan makin banyak barang yang bisa dibeli dan dibawa dari kota tujuan nantinya.

Cek Kembali

Sebelum menutup dan mengunci koper, coba cek kembali, apakah semuanya sudah ada di sana? Ataukah ada barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan? Apalagi kalau bepergian dengan pesawat terbang, maskapai menentukan batas tertentu berat barang yang boleh dibawa. Akan sangat sayang bila harus mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk barang-barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

Tapi yah, meskipun saya tahu tentang hal ini, terkadang masih tetap saja abai dalam melaksanakannya. Masih sering melewatkan malam terakhir sebelum bepergian dengan sibuk menata barang-barang di dalam koper yang bakal dibawa. Tapi menjadi lebih baik tidak pernah ada kata terlambat kan?

Happy Holiday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: