Penting tapi Tak Perlu Diperhatikan

Umumnya kita menganggap bahwa segala yang penting itu patut mendapat perhatian lebih. Tapi ternyata ada beberapa hal yang penting namun kita tidak harus memberikan perhatian apalagi secara berlebihan. Ada banyak sebenarnya, namun yang saya share beberapa saja ya, sambil nanti di-update sedikit demi sedikit (kalo inget), hehe.

Angka Tertinggi di Speedometer Kendaraan

Ngebut dijalanan buat sebagian orang merupakan ajang aktualisasi diri, memperlihatkan kepada semua orang bahwa dia bisa dan lebih dibandingkan orang lain. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa setiap orang memang mempunyai naluri untuk selalu diperhatikan. Di sisi lain fakta bahwa perusahaan otomotif membuat batas tertinggi kecepatan rasanya sayang kalau tidak dimanfaatkan, mungkin itu yang ada di pikiran sebagian orang.

Namun ada yang harus diingat, bahwa kita bukanlah Michael Sumacher atau Jorge Lorenzo. Dan kita juga bukan pemilik jalanan, bukan cuma kita yang ada di jalan dan bukan cuma kita yang berhak menggunakan jalan. Dari pada mengklaim diri sebagai ‘Raja Jalanan” mungkin lebih baik berkendaraan secara bijaksana dan selalu berusaha untuk menjadi aman di jalan.

Jumlah Friends di Facebook

Kenyataan bahwa facebook (dan juga jejaring sosial lain) menghubungkan kita dengan orang-orang yang mungkin tidak bisa kita temui memang tidak bisa terbantahkan. Banyak cerita tentang pertemuan kembali setelah bertahun-tahun berpisah karena facebook, atau bertemu pasangan hidup lewat jejaring sosial.

Pesona facebook, twitter memang tidak terelakkan. Sangat menyenangkan rasanya berhubungan dengan orang-orang, saling berbagi informasi atau sekedar bertukar cerita. Tapi semakin banyak waktu yang diluangkan untuk teman-teman di dunia maya, maka akan semakin sedikit waktu yang kita punyai untuk orang-orang di dunia nyata. Dan relakah kita menukar hidup kita dengan sesuatu yang semu?

Jumlah Mantan Kekasih

Kalo ini sebenarnya memang ga penting banget. Buat apa dihitung? Bangga karena berhasil menaklukkan banyak hati? Kalau buat saya, banyak mantan berarti gagal dalam menjalin dan mempertahankan hubungan.

Jumlah Mantannya Pasangan

Ini mungkin agak bertolak belakang dengan point sebelumnya. Tapi kalau berada di posisi ini, kita dituntut untuk juga bijak. Masa lalu adalah masa lalu. Kita dengan dia sedang merencanakan masa depan, jadi kenapa harus memusingkan diri dengan masa lalunya dia yang sama sekali tidak akan mempengaruhi masa depan kita sama sekali?

Limit dari Credit Card

Pusing memikirkan limit dari kartu kredit berbanding lurus dengan sifat boros. Logis kan, hanya orang yang boros yang selalu takut kartu kreditnya sudah sampai limit. Bijak menggunakan credit card, tidak harus selalu menggunakan kartu kalau bisa membeli menggunakan uang tunai. Akan lebih baik lagi kalau kita tidak selalu membeli apa yang kita inginkan. Yang kita inginkan tidak selalu yang kita butuhkan. Lagi pula, jarang menggunakan kartu kredit berarti kita akan lebih lega karena tidak harus repot dengan cicilan bulanan yang sebenarnya jauh lebih tinggi dari pada membeli tunai. Selisihnya itu bisa ditabung atau membeli kebutuhan lain juga.

Jumlah Kalori yang Diasup

Kecuali kita pengidap diabetes, kolesterol atau penyakit-penyakit yang memang harus memperhatikan detail jumlah makanan yang diasup, poin ini juga tidak seharusnya kita berikan perhatian ekstra. Menajga asupan makanan memang merupakan sesuatu yang perlu menjadi bagian dari disiplin hidup sehat, tapi menghitung menggunakan kalkulator handphone, apalagi minjem di restoran adalah sesuatu yang sangat menyedihkan.

Tujuan menerapkan pola hidup sehat adalah agar hidup kita sehat dan nyaman, tidak sakit-sakitan atau mempunyai tubuh yang ideal. Cukup menjaga pola makan dan tidak dalam porsi yang berlebihan, tapi tidak perlu juga sampai dihitung dan ditimbang. Dan kalaupun merasa terlalu banyak, cukup diimbangi dengan porsi olahraga yang lebih dari biasanya kan?

Jumlah Plat Beban Barbel

*ini khusus buat yang suka olah tubuh

Baik cowo ataupun cewe, aturan utama dalam membentuk otot adalah bukan besarnya atau jumlah teriak kesakitan yang dihasilkan, tapi pengulangan dari setiap sesi latihan. Beban kecil namun rutin akan lebih baik dari pada beban berat tapi menyusahkan diri sendiri. Bisa-bisa malah berujung dengan otot robek.

Jumlah Kegiatan Harian dalam Agenda Kerja

Bukan berarti kita akan terlihat keren kalau agenda harian kita penuh dengan jadwal dan agenda yang harus kita datangi, dan mungkin sebagian besarnya malah berlansung dalam waktu hampir bersamaan. Selain akan membuat kita bingung sendiri, tubuh juga akan merasa terbebani. Akan lebih bijaksana bila tubuh diberikan istirahat. Dalam menyepakati janji dengan orang lain, sebaiknya diberi jeda setengah atau satu jam dengan akhir pertemuan sebelumnya. Selain untuk memberkan tubuh istirahat, juga untuk antisipasi kalau-kalau pertemuan sebelumnya tidak berjalan lancer dan harus molor.

Angka di bill Saat Mentraktir Orangtua

Ini seharusnya tidak perlu dijelaskan, namun kadang suka terlewatkan. Jadi saya sekedar mengingatkan, bahwa angka-angka tidak akan bisa sebanding dengan apa yang sudah diberikan kepada kita, anak-anaknya.

Jadi kenapa harus berhitung saat sekali-sekali kita mengajak mereka keluar dan bangga dengan harta terbesar yang mereka miliki?

Masih banyak lagi sih sebenarnya, dan saya yakin anda juga memiliki list sendiri. Tapi sementara cukup segini dulu. Kalau ada yang mau nambahin, sumonggo.

Happy Weekend…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: