Syarat dan Ketentuan Berlaku

Pernah melihat kalimat di atas? Seberapa sering benar-benar memperhatikannya? Atau saat mengisi formulir online untuk mengikuti suatu program, biasanya akan ada satu pernyataan yang menunjukkan bahwa dengan menandai poin tersebut berarti kita sudah menyetujui syarat dan ketentuan (SK) dari program tersebut. Tapi berapa banyak di antara kita yang benar-benar membaca apalagi memahami isi dari butir-butir syarat dan ketentuan itu?

Saya sendiri termasuk yang cukup meluangkan waktu untuk membacanya, meskipun tidak selalu, dan seringkali juga hanya sekedar membaca dan memastikan bahwa tidak ada yang aneh-aneh atau bertentangan dengan kondisi saya. Namun biasanya saya hanya melakukan hal tersebut untuk program-program baru dan seringkali mengabaikan bila produk yang saya gunakan sudah dari lama, meskipun dalam kemasan baru.

Tanggal 8 Januari 2014 lalu saya memperpanjang paket internet untuk handphone saya, karena masa berlaku paket sebelumnya sudah habis meskipun kuotanya masih tersisa cukup banyak. Saya sudah menggunakan paket internet untuk handphone sejak pertama kali saya menggunakan provider tersebut (XL Axiata) sekitar 7 tahun lalu, dan meskipun nama programnya selalu berganti saya selalu bisa menemukan yang paling sesuai dengan keinginan saya. Saat programnya baru, saya biasanya menyempatkan diri untuk mencari tahu tentang deskripsi program, terutama besaran kuota yang diberikan, tetapi luput melihat SK karena sudah terlalu biasa. Paket yang saya gunakan saat ini pun sudah sekitar satu tahun saya pakai, dan paket sebelumnya juga tidak jauh berbeda hanya berganti nama saja.

Biasanya saya hanya menggunakan paket internet dari XL untuk di handphone saja, karena untuk laptop saya mempunyai modem sendiri atau wifi. Untuk diketahui, paket internet XL yang saya gunakan saat ini adalah Paket Super Ngebut yang memberikan 5,5 GB di pukul 00.00-11.59 dan 500 MB di pukul 12.00-23.59.Dan kuota tersebut hampir tidak pernah habis saya pakai, apalagi yang paket malam dan pagi, biasanya maksimal hanya terpakai 500MB.

Dan kebetulan saat ini kuota modem saya juga sudah hampir habis sementara masa berlakunya masih sekitar satu minggu. Jadi dini hari tadi, sekitar pukul 1, saya menggunakan handphone saya sebagai portable hotspot dan mendownload video youtube di laptop menggunakan wifi dari handphone tersebut. Video yang saya download sekitar 500 MB yang terdiri dari dua video. Kecepatan downloadnya lumayan memuaskan.

Tapi belum lagi video kedua selesai di download tiba-tiba koneksinya mati dan saya menerima SMS pemberitahuan dari XL yang menyatakan kuota internet pukul 12-24 saya sudah habis. Saya tentu saja heran, lha orang saat itu belum pukul 5 pagi kok, kenapa yang habis malah kuota siang? Saya lalu menanyakannya ke Customer Service XL di akun twitter @XLCare.

Jawabannya cukup membuat saya kaget, ternyata untuk menggunakan kuota malam, kita harus me-restart koneksi internetnya terlebih dulu setelah pukul 00.00 sebelum menggunakannya kembali. Bersama jawaban tersebut disertakan tautan ke halaman SK di web XL yang menunjukkan bahwa hal tersebut memang benar dan sudah dicantumkan.

SK Paket Super Ngebut

Kejadian tersebut membuat saya kembali disadarkan, bahwa sekecil apapun peringatannya, membaca Syarat dan Ketentuan adalah suatu keharusan. Kalau sudah begini tentu saja saya tidak bisa protes, meskipun paket internet yang biasanya untuk sebulan lansung habis dalam waktu empat hari. Saya tidak bisa protes karena memang saya yang salah tidak menelitinya terlebih dahulu, dan pihak XL bahkan tidak menuliskannya dalam huruf kecil.

Yah semoga pengalaman kecil saya ini bisa menjadi pengingat bagi kita semua, bahwa se-ga penting-ga penting-nya itu peringatan, tetaplah sempatkan diri membaca dan meneliti yang namanya Syarat Dan Ketentuan. Yang saya alami di atas memang bukan apa-apa, tetapi ada juga banyak penyelenggara program abal-abal yang melakukan penipuan dengan memanfaatkan celah psikologis ini, dengan mengasumsikan tidak akan banyak orang yang mau repot-repot membacanya, lalu membuat butir SK yang akhirnya menjebak peserta program.

Leave a Reply

