Drawing Thomas Cup dan Uber Cup 2014

Salah satu event besar Badminton World Federation (BWF) di 2014 adalah event dua tahunan Thomas Cup (Piala Thomas) dan Uber Cup (Piala Uber) yang akan digelar tanggal 18-25 Mei 2014 nanti. Indonesia mempunyai sejarah manis di Piala Thomas, yaitu masih menjadi pengumpul gelar juara terbanyak dengan koleksi 13 titel meskipun terakhir kali membawa pulang tropi adalah 12 tahun lalu (2002). Di Piala Uber, tim puteri Indonesia memang tidak sesukses tim putera. Tim Uber Indonesia baru berhasil menjadi juara sebanyak tiga kali dan terakhir tahun 1996, namun tim Uber juga berhasil menjadi runner-up sebanyak 8 kali atau paling banyak dibanding negara lain sehingga ada yang menyebut bahwa tim Uber Cup Indonesia adalah spesialis runner-up.

Di 2014 Tim Thomas Indonesia kembali mengemban misi juara, setelah di gelaran sebelumnya meraih hasil buruk, bahkan tidak lolos ke babak semifinal, terburuk sepanjang sejarah keikutsertaan Indonesia di Piala Thomas. Sementara Tim Uber Indonesia lebih realistis dengan menargetkan semifinal, ini pun sudah cukup berat mengingat sebelumnya ada wacana dari Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) untuk tidak mengirimkan tim Uber tahun ini, karena buruknya prestasi atlet puteri. Sebagai gambaran, tidak ada nama Indonesia di 20 besar tunggal puteri terbaik dunia saat ini.

Tanggal 30 Maret 2014, bertempat di New Delhi, India, sudah dilansungkan undian untuk menentukan grup kualifikasi masing-masing negara anggota. Enam belas negara peserta dibagi menjadi empat grup, dan nantinya dua peringkat teratas masing-masing grup akan berlaga di babak perempatfinal.

China sebagai juara bertahan di kedua kategori, mendapatkan undian yang relatif menguntungkan, berada dalam grup yang sama dengan negara-negara yang tidak begitu diunggulkan. Tim Thomas China bergabung dengan Chinese-Taipei, Rusia dan Perancis di grup D, sedangkan Tim Ubernya bersama-sama Chinese-Taipei, Inggris dan Rusia berada di grup A.

Tim Thomas Indonesia juga menghadapai lawan yang relatif ringan di babak kualifikasi, yaitu Thailand, Nigeria dan Singapore. Meskipun secara ranking tim nasional Indonesia masih berada di bawah Thailand, tetapi ranking personal pemain Indonesia rata-rata lebih baik dari pemain Thailand, begitu juga ranking Tim Thomas Indonesia dibandingkan Tim Thomas Thailand. Sementara Singapore apalagi Nigeria baik ranking tim nasional maupun ranking pemainnya, cukup jauh di bawah Indonesia. Peluang Tim Thomas untuk lolos dari babak kualifikasi grup cukup besar, bahkan menjadi juara grup.

Tim Uber Indonesia tidak seberuntung Tim Thomas. Berada di grup yang sama dengan Korea Selatan, Australia dan Singapore tim Indonesia harus berjuang keras untuk bisa sekedar lolos apalagi menjadi juara grup. Poin tim Uber Korea Selatan dua kali lipat Tim Uber Indonesia, sedangkan tim Australia dan Singapore meskipun berada di bawah ranking Indonesia, tetapi jaraknya tidak begitu jauh. Tetapi biarpun begitu, peluang untuk lolos juga cukup besar.

Berikut daftar lengkap undian Piala Thomas dan Piala Uber

Drawing Thomas Cup 2014

Grup A  : Indonesia, Thailand, Nigeria, Singapura

Grup B  : Jepang, Denmark, Honkong, Inggris

Grup C  : Malaysia, Korea Selatan, Jerman, India

Grup D  : China, Chinese-Taipei, Rusia, Perancis

Drawing Thomas Cup

Drawing Uber Cup 2014

Grup A  : China, Chinese-Taipei, Inggris, Rusia

Grup B  : Korea Selatan, Indonesia, Australia, Singapura

Grup C  : Thailand, India, Kanada, Hongkong

Grup D  : Jepang, Denmark, Malaysia, Jerman

 Drawing Uber Cup

Semoga tim Indonesia bisa pulang dengan membawa hasil terbaik, minimal memenuhi target yang ditetapkan, dan mengembalikan nama Indonesia ke puncak kejayaan bulutangkis dunia

#AyoIndonesiaBisa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: