Tiga Kali Sehari atau tiga Kali Sehari Semalam

Tiga Kali Sehari atau Tiga Kali Semalam

 

 

Judul ini sebenarnya berasal dari celetukan salah seorang warga, saat tim KKN kami memberikan penyuluhan tentang kesehatan, khususnya tatacara penggunaan obat.

Obat diminum tiga kali sehari sesudah makan. Ini merupakan kalimat yang sudah sangat umum terdengar saat kita membeli obat, baik di apotik, ruma sakit, puskesmas ataupun tempat-tempat penjualan obat lainnya. Saking umumnya kadang kita malah sampai mengabaikannya. Bukan hanya pasien sebagai orang awam, tapi para petugas kesehatan pun kadang lalai dalam mengingatkan pasiennya.

Saat membaca aturan penggunaan obat adalah tiga kali sehari, maka yang terlintas di benak kita pertama kali adalah minum obatnya setelah makan pagi, setelah makan siang, dan setelah makan malam. Waktu makan yang umum, sarapan jam enam atau tujuh, makan siang pukul 12 saat istirahat kantor, dan makan malam pukul tujuh malam. Namun sadarkah bahwa kita sedikit melewatkan kenyataan bahwa satu hari adalah 24 jam.

Logikanya, jika sehari adalah 24 jam, maka tiga kali sehari berarti dua puluh empat dibagi tiga, atau delapan jam. Dengan kata lain, kita seharusnya meminum obat setiap delapan jam sekali. Jadi, apabila kita munim obat pertama kali pukul 7 pagi, maka obat siang kita seharusnya minum pukul 3 sore, dan malam pukul 11. Bener kan…? Ingat lho, sehari itu dua puluh empat jam.

Lho, memangnya kenapa kita harus segitu ketatnya dengan waktu, toh pada akhirnya kita minum tetap tiga kali sehari

Jadi, semua tentu sudah tau apa yang dimaksud dengan dosis. Dalam bahasa yang sederhana, dosis merupakan takaran. Takaran disini maksudnya adalah, takaran yang dalam rentang tersebut obat bisa berefek dengan baik, dalam artian bisa menyembuhkan, namun tidak memberikan efek buruk atau istilahnya toksik bagi tubuh kita. Nah, dalam dosis yang tertulis di etiket obat, itu sebenarnya juga termasuk waktu yang dibutuhkan sampai obat itu bisa keluar sebagian besarnya dari tubuh kita.

Contohnya begini, parasetamol diminum tiga kali sehari, berarti sesuai logika tadi, parasetamol diminum setiap delapan jam. Waktu itu sudah dihitung oleh produsen bahwa dalam waktu 8 jam diasumsikan obat yang diminum sudah tidak ada lagi di dalam tubuh, sehingga aman bila akan meminumnya lagi. Jadi bayangkan kalau kita minum obatnya setelah 5 atau 6 jam setelah obat sebelumnya. Karena obat yang diminum sebelumnya belum habis, maka akan terjadi penumpukan dosis. Dan bila ini terjadi pada obat dengan rentang terapi kecil, bisa meyebabkan over dosis dan berakibat fatal.

Sekali lagi, ini bukanlah mutlak kesalahan pasien, karena para petugas kesehatan yang memberikan obat pun biasanya mengingatkan, “Pak, Bu, obatnya diminum tiga kali sehari masing-masing satu tablet ya. Setelah makan pagi, makan siang dan makan malam!” Kenapa, karena mereka dari kecil diajarinya juga seperti itu saat harus meminum obat.

So, mulai sekarang kita benahi tatacara penggunaan obat kita. Kalau harus minum obat tiga kali sehari, atur sedikit waktu makan kita agar bisa mengikuti waktu minum obat. Bukan waktu minum obat mengikuti kebiasaan makan. Kalau biasanya kita makan pagi jam 7, ya mundurkan sedikit jam makan siangnya jadi jam 3, atau jam 2 mungkin sudah tidak apa-apa. Begitu juga dengan makan malam mungkin jadi jam 9 malam. Kita minum obat kan agar sehat, bukannya malah medapatkan penyakit atau keluhan-keluhan baru karena tatacara penggunaan obat yang kurang tepat.

Ini mungkin bermasalah saat diminumnya tiga kali sehari, sedangkan obat yang diminum dua atau satu kali sehari relatif tidak menemui masalah seperti ini.

 

Nah saat menjelaskan ini di salah satu moment saat KKN, seorang pemuka masyarakat disana nyeletuk, “Wah Mas, kalau begitu seharusnya dijelaskan kalau obatnya diminum tiga kali sehari semalam, bukan tiga kali sehari”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s